Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 14 Desember 2014

Begadang


Sangat sulit untuk menghilang kebiasaan begadang pada orang yang sudah sering begadang termasuk saya. Katanya begadang itu tidak ada gunanya padahal sebenarnya banyak, karena dengan begadang kita akan mendapat momen-momen yang sangat jarang kita dapatkan di siang hari lalu kepala seakan-akan lebih luas berpikir dan dengan mudah memahami setiap persoalan yang terjadi atau bahkan yang akan terjadi, entah itu persoalan kemarin, Minggu lalu, bulan lalu atau bahkan tahun lalu. Seperti juga halnya pada persoalan yang kita prediksikan akan terjadi.
Ketika pada malam hari atau tepatnya tengah malam, pikiran terasa terbuka seiring dengan sunyinya suara dan kosongnya aktivitas. Ide muncul sewaktu-waktu tanpa diduga. Begitu juga
dengan solusi terhadap suatu persoalan. Meskipun hanya ditemani kopi, biskuit atau cemilan lainnya itu sudah cukup. Apalagi kalau dengan suasana yang mendukung seperti cuaca beserta lingkungan yang juga tenang. Entah mengapa pada tengah malam seakan kepala kita memang sengaja menguak semua persoalan dan kejadian yang telah atau baru diprediksi akan terjadi. Setiap kemungkinan-kemungkinan juga akan muncul dengan sendirinya.
Dalam memahami arti begadang itu memang kita harus pahami juga tujuan melakukan hal tersebut, sebab manfaatnya juga sudah jelas tergantung niat kita kan. Kalau saya pribadi telah mengetahui kalau begadang itu tidak baik bagi kesehatan dll. Tetapi saya tetap saja begadang tapi tidak sering-sering amat. Keinginan untuk begadang biasanya muncul ketika ada sesuatu yang mengharuskan saya untuk begadang. Seperti kerja tugas, mau nonton bola, film atau yang lainnya. Beda halnya dengan begadang yang tidak direncanakan, begadang ini saya lakukan saja karena firasat saya yang merasa kalau belum saatnya tidur, “kayaknya malam ini harus saya lewati setiap detiknya” kata saya. Ada ketika begadang yang tidak terencana seperti itulah biasanya ide-ide kreatif keluar dari kepala saya. Memikirkan hal2 yang sebenarnya tidak mesti saya pikirkan tetapi saya akui itu bagus.
Terkadang saya memikirkan hal-hal yang di luar logika, berkhayal tentang kecanggihan teknologi dan fenomena alam, kenapa, kapan, bagaimana jika tidak, pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul dengan sendirinya. Dan dengan memikirkan hal-hal kecil yang bisa jadi pertanyaan, biasanya saya mendapatkan jawaban tersendiri yang keluar dari pikiran saya dengan kata lain pendapat saya sendiri. Pendapat itu juga tidak asal, terkadang saya mengeluarkan pendapat yang lumayan bisa diterima, sepertinya. Pokoknya dengan begadang pikiran serasa terbuka terhadap lingkungan dan keadaan. Mungkin karena itulah biasanya kalau banyak masalah orang susah tidur. Karena solusinya itu baru dapat terpikirkan pada tengah malam atau dini hari, itu petunjuk tuhan kali. Itu sedikit pendapat saya tentang begadang, jadi begadang itu tidak selamanya tidak ada gunanya karena bagi saya begadang adalah momen paling tepat dalam mencari ide.

0 komentar:

Posting Komentar